Jumat, April 5

Sejarah Terciptanya Virus Komputer

Sebelumnya saya telah menjelaskan Tentang Virus Komputer. Maka sekarang saya akan membagikan sedikit informasi kapan virus komputer mulai ada? Dan bagaimana perkembangannya.

Sejarah perkembangan virus komputer diwarnai dengan munculnya berbagai macam jenis virus baru yang semakin canggih dan memiliki dampak yang sangat merugikan bagi pengguna komputer.
Virus pertama kali muncul sekitar tahun 1970, ketika Unix 1108 diganggu dan digerogoti oleh sesuatu yang kemudian diketahui bahwa itu merupakan Virus Pervading Animal. Tak lama setelah virus itu muncul dikabarkan ada virus yang menyerang sistem operasi Tennex yang diketahui itu merupakan virus Creeper. Pada tahun 1981 virus bernama Elk Cloner atau juga dikenal "in the wild" yang menyerang sistem operasi Apple DOS 3.3 yang menyebar melalui floppy disk. Tahun 1983 Fred Cohen dalam paper-nya yang berjudul ‘Computer Viruses – Theory and Experiments’ memberikan definisi pertama mengenai virus komputer dan memaparkan eksperimen yang telah dilakukannya untuk membuktikan konsep dari sebuah virus komputer. Bersama dengan Len Adelman, ia menciptakan sebuah contoh virus pada komputer VAX 11/750 dengan sistem operasi Unix. Tahun 1986 sepasang kakak adik dari Pakistan, Basit dan Amjad, menciptakan sebuah boot sector virus pertama yang diberi nama Brain. Brain sering kali disebut sebagai virus komputer pertama di dunia.
Sejarah perkembangan virus semakin merajalela mulai tahun 1990. Kemunculan virus sejak saat itu bagaikan jamur di musin yang terus bertambah. Menurut catatan dari Wikipedia sejak ditemukan tahun 1970 hingga 1990 tak kurang telah dikenali sekitar 500 jenis virus.
Namun pada tahun 1992 jumlah virus berkembang pesat dan telah mencapai 2.300 virus dan naik mencapai 7.500 pada tahun 1994. Hingga tahun 2000 jumlah virus yang berhasil dikenali dan diidentifikasi mencapai tak kurang dari 50.000 virus.


Semoga bermanfaat bagi anda, dan salam damai :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apabila ada yang kurang jelas, jangan sungkan-sungkan berkomen.
Komentar anda sangat dibutuhkan agar blog ini menjadi lebih baik :)

Berkomentarlah dengan sopan dan diusahakan komentar yang membangun